26 Agustus 2016 15:38:12
Ditulis oleh Admin

Sejarah Desa

Setiap desa pasti memiliki sejarahnya masing-masing demikian halnya dengan Desa Kedungrejo, Sejarah asal muasal desa seringkali tertuang dalam dongeng dongeng yang diwariskan secara turun temurun dan disampaikan dari mulut ke mulut sehingga sulit dibuktikan kebenarannya secara fakta.

Dongeng tentang asal muasal Desa Kedungrejo diantaranya yang paling populer adalah pada pertengahan abad ke 18 paska Perang Pajang yaitu perang besar di tanah Jawa antara bangsawan kesultanan Pajang, banyak  bangsawan dan tentara yang melarikan diri dari kerajaan akibat perang saudara. Salah  satu daerah pelarian adalah Tuban. Dalam perjalanan ke Tuban para bangsawan dan prajurit Pajang berhenti dan beristirahat untuk mencari tempat yang aman. Salah satu tempat peristirahatan bangsawan tentara Pajang adalah petilasan yang ada di daerah Kerek (sekarang). Dalam perjalanan, tentara tersebut berhenti juga di sebuah Kedung / Sendang / Danau, di sekitar Kedung ini telah ada dusun yakni Dusun Luwuk, Penemon, dan Puter. Dusun Penemon dipimpin Demang Trimo Karsimo, Dusun Puter dipimpin Pak Jipu, Dusun Luwuk dipimpin Demang Subo. Sejak saat itu ketiga dusun ini dipersatukan dan diberi nama Desa Kedungrejo.

Seiring dengan perkembangan zaman, Desa Kedungrejo berkembang menjadi 3 dusun yaitu Penemon, Luwuk dan Puter. Sejak terbentuknya Desa Kedungrejo sampai sekarang telah mengalami pergantian kepemimpinan kepala desa sebagai berikut :

  • Tahun 1916 – 1947, Desa Kedungrejo dipimpin oleh Kasim
  • Tahun 1947 – 1969, Desa Kedungrejo dipimpin oleh Rasmo
  • Tahun 1969 – 1991, Desa Kedungrejo dipimpin oleh Murtadlo
  • Tahun 1991 – 2007, Desa Kedungrejo dipimpin oleh Suwanto
  • Tahun 2007 – 2013, Desa Kedungrejo dipimpin oleh Gunadi
  • Tahun 2013 Sampai sekarang Desa Kedungrejo dipimpin oleh Sugiono


Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus