BPD Kedungrejo Resmi Dilantik Hingga 2027

  • Jun 27, 2024
  • Kedungrejo
  • PEMERINTAHAN

Pemdes Kedungrejo - Sedikitnya 125 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari 17 desa di Kecamatan Kerek menerima SK perpanjangan masa jabatan, di aula kecamatan setempat, Kamis (27/06/2024)..

Camat Kerek Nanang Wahyudi menjelaskan, dari 125 anggota BPD itu, ada 4 desa yang mengalami Pergantian Antar Waktu (PAW).

“Khusus BPD Padasan dan Jarorejo hingga 2030, sebab kedua desa itu pemilihan kepala desanya baru 2022,” timpal Nanang.

Mantan Sekcam Tambakboyo itu juga mengatakan,bahwa 125 anggota BPD yang dikukuhkan masa jabatannya mengikuti jabatan kepala desa hingga 2027.

“Jabatan BPD semula hingga 2025, namun sejak berlakunya UU terbaru maka mengikuti masa jabatan kepala desa hingga 2027,” ungkapnya

Ia berharap, agar BPD yang telah dikukuhkan kembali melaksanakan kegiatan sebagai mitra strategis Pemdes masing-masing untuk pendampingan perencanaan APBDes.

“Ini juga berkaitan dengan RKPDes agar segera dilaksanakan untuk tahun depan,” harapnya. 

Sementara itu ketua BPD Kedungrjeo, Rohim saat dikonfirmasi usai pelantikan menyatakan jika ia bersama anggotanya akan tetap menjadi penyeimbang di dalam pemerintahan desa dan semaksimal mungkin akan menampung dan menyampaikan berbagai bentuk keluhan warga terkait kebijakan pemerintah desa.

" Kita akan selalu menjadi penyalur aspirasi warga dan tetap menjadi penyeimbang kebijakan Pemdes," kata Rohim

Senada dengan itu Kepala Desa Kedungrejo Sugiono menyatakan bahwa pihaknya akan tetap menanggapi aspirasi warga melalui BPD dan menjadikan BPD mitra pemerintah Desa.

" Selamat untuk para BPD yang telah dikukuhkan perpanjangan masa jabatanya, kita akan terus berkolaborasi dan bersama - sama BPD kita akan terus berinovasi untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan terhadap warga Kedungrejo," kata Kades.

Hadir dalam giat tersebut seluruh kepala desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat di wilayah kecamatan tersebut. (AM)