388 KPM Desa Kedungrejo Dapat Bantuan Pangan Beras dari BPN Pusat

  • Mar 15, 2024
  • Kedungrejo
  • PEMERINTAHAN

 

Pemdes Kedungrejo - Sedikitnya 388 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Kedungrejo mendapatkan bantuan Pangan Beras dari Pemerintah  pusat melalui  Badan Pangan Nasional (BPN) bekerjasama dengan Perum Bulog, Jumat (15/03/2024). 

Menurut Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Desa Kedungrejo, Ismadi bahwa bantuan Pangan Beras adalah program pemerintah berupa penyaluran beras yang bersumber dari stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dikelola Bulog. 

Selain itu program tersebut merupakan salah satu pemanfaatan CBP sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Cadangan Pangan Pemerintah. 

Basis data penerima bantuan pangan beras yang digunakan di 2024 adalah dari data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang dikelola oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK). 

" Bantuan ini dikelola oleh pusat sehingga pihak pemerintah desa hanya menjalankan sesuai dengan data yang sudah ada. dan masyarakat hanya membawa KTP asli atau KK untuk pengambilan bantuan pangan tersebut, " terang pria yang juga merangkap sebagai Modin Dusun Puter itu. 

Terpisah, Warsiani (49) salah satu KPM yang mengaku telah mendapatkan bantuan pangan beras selama 3 bulan berturut - turut merasa senang dengan bantuan pemerintah yang ia terima, perempuan buruh tani itu merasa terbantu dengan adanya bantuan tersebut, melihat akhir-akhir ini harga beras melonjak naik. 

" Wah senang sekali bisa digunakan untuk bekal dalam bulan puasa dan lebaran nanti, " jawabnya singkat. 

Diketahui besaran bantuan pangan beras tersebut sebanyak 10 kilogram (kg) beras per KPM per bulan dan bantuan terebut diperkirakan akan disalurkan hingga bulan Juni 2024 atau selama enam bulan.  (AM)