Puluhan Siswa KB dan TK di Kedungrejo Ikuti MPLS

  • Jul 17, 2024
  • Kedungrejo
  • PEMERINTAHAN, PENDIDIKAN

 

Pemdes Kedungrejo - Berdiri sejak tahun 2007, Kelompok Bermain (KB) Mega Lembayung Desa Kedungrejo, di hari ke dua masuk tahun ajaran baru 2023 , 2024 melaksanakan kegiatan Masa  Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Selasa (16/07/2024) dengan di ikuti oleh  sebanyak 20 peserta. 

Selain KB Mega Lembayung, kegiatan serupa juga diikuti oleh siswa dari Taman Kanak- Kanak (TK) Mutiara Bangsa yang masih berada dalam satu lokasi.

TK Mutiara Bangsa sendiri didirikan 3 tahun lebih muda dari KB Mega Lembayung yakni pada tahun 2010, dan keduanya merupakan lembaga pendidikan milik Pemerintah Desa Kedungrejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban

" MPLS merupakan periode penting bagi siswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru. MPLS bertujuan memperkenalkan siswa pada budaya, norma, dan tata tertib sekolah, serta membantu mereka beradaptasi dengan lingkungan dan teman-teman baru, " kata Siti Dwi Warni, S.Pd. kepala TK. 

Lebih lanjut Bu Dwi, mengatakan bahwa dalam tahun ajaran baru ini untuk TK Mutiara Bangsa diikuti oleh 17 siswa dengan rincian untuk kelompok A sebanyak 13 siswa dan sedangkan kelompok B ada 4 siswa.

Kegiatan yang diikuti total 37 peserta dan lima guru pembimbing tersebut diawali dengan penyerahan siswa dari wali murid ke guru pembimbing dilanjutkan dengan senam bersama.

Selanjutnya guru pembimbing memperkenalkan siswa letak masing masing kelas yang nantinya dipergunakan siswa untuk belajar, selain itu guru pembimbing juga memperkenalkan tempat bermain, tempat buang air kecil serta sejumlah fasilitas sekolah lainya.

Setelah kegiatan pengenalan lingkungan sekolah, selanjutnya giliran para siswa memasuki ruangan sekolah masing masing dengan arahan dari guru pembina.

Di dalam ruangan siswa diajak oleh guru pembimbing untuk berdoa terlebih dahulu sebelum mengawali pembelajaran agar dalam proses belajar mengajar nantinya bisa berjalan lancar.

" Para siswa juga dibekali dengan kepribadian dan keberanian  untuk mandiri mulai dari berani maju ke depan untuk menunjukan bakat masing - masing hingga perkenalan diri di depan kelas, " ujar Kiptiyah kepala KB Mega Lambayung. 

Sekedar diketahui, guna menarik minat belajar serta mempermudah akses jarak tempuh bagi calon siswa KB maupun TK di Desa Kedungrejo, Pemerintah Desa kini sedang membangun gedung baru untuk KB dan TK yang masih berada di dalam naungan KB Mega Lembayung dan TK Mutiara Bangsa yang letaknya berdekatan dengan Dusun Denemon Dea Kedungrejo.

diharapkan dengan pembangunan gedung sekolah baru tersebut masyarakat Dusun Penemon nantinya dapat memanfaatkan fasilitas kemudahan yang diberikan oleh Pemerintah Desa, agar keberlanjutan pendidikan di Desa Kedungrejo dapat berjalan sesuai yang diharapkan. (AM)