Desa Kedungrejo Menjadi Percontohan Posyandu di Kerek

  • Jul 18, 2024
  • Kedungrejo
  • PEMERINTAHAN, KESEHATAN

Pemdes Kedungrejo - Desa Kedungrejo  Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban menjadi Pilot Project sebagai desa percontohan dalam kegiatan Posyandu di wilayah Puskesmas Gaji. 

Hal tersebut dikemukakan oleh kepala Puskesmas Gaji drg. Wahyu Risma Ningsih,  Dalam kegiatan Launching Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) di balai desa setempat, Rabu (17/07/2024). 

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua tim penggerak PKK Kecamatan Kerek, PKK Desa Kedungrejo, serta sejumlah  organisasi perempuan. 

Sebelum kegiatan Posyandu dimulai, kegiatan tersebut juga diisi dengan pemotongan pita oleh Kepala Puskesmas Gaji dan Sekretaris Desa Kedungrejo, sebagai simbul pembukaan Posyandu ILP yang diselenggarakan hanya  dalam sehari itu. 

Sementara itu Kepala Desa Kedungrejo yang dalam kegiatan tersebut diwakili oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Wafiyul Khoiri, menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut, ia berharap sinergitas antara pemdes dan Puskesmas Gaji semakin terjalin erat dengan adanya launching Posyandu ILP itu.

 " Kita berharap sinergitas ini dapat terus terjalin sehingga tanggung jawab pemdes terhadap keluhan dan kondisi kesehatan warga  Kedungrejo sedikit banyak dapat terdeteksi dengan rutin mengikuti kegiatan Posyandu, baik untuk Posyandu Balita remaja maupun Posyandu Lansia," kata Carik Wafi. 

Sementara itu Kepala Puskesmas Gaji drg. Wahyu Risma Ningsih , lebih lengkap menuturkan bahwa selain  menjadi percontohan sebagai Posyandu terbaik di wilayah kerja Puskesmas Gaji, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mendekatkan masyarakat tentang kesehatan, artinya untuk pemeriksaan kesehatan masyarakat tidak perlu lagi datang ke Puskesmas tetapi dengan adanya Posyandu ILP ini akan dilaksanakan pemeriksaan dan screening kesehatan sesuai dengan siklus hidupnya. 

" Artinya dari Balita, Remaja dan Lansia , dan usia reproduktif itu akan dilakukan pemeriksaan di desanya, jika diperlukan akan dilakukan rujukan ke Puskesmas, "terang dokter Risa. 

Selain itu ia berharap dengan adanya kegiatan ILP tersebut masyarakat dapat terdeteksi secara dini  jika ada keluhan penyakit tertentu,  sehingga segera dapat dilakukan pencegahan. 

" Dengan adanya penyuluhan dan screening kesehatan penyakitnya dapat dideteksi secara dini dan diharapkan adanya pemulihan dari sakit yang diderita, " pungkasnya. 

Diketahui Posyandu ILP  
merupakan kegiatan pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk menguatkan pelayanan kesehatan di wilayah masyarakat Desa. [AM]