CEGAH STUNTING PKK DESA KEDUNGREJO SOSIALISASIKAN CARA CUCI TANGAN

  • Jan 06, 2024
  • Kedungrejo
  • PEMERINTAHAN, KESEHATAN

Pemdes Kedungrejo - Berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Desa Kedungrejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban untuk menanggulangi stunting. 

Salah satu upaya pencegahan dan  penanggulangan stunting yang dilakukan oleh Pemdes melalui tim penggerak Program Kesejahteraan Keluarga (PKK) adalah dengan mensosialisasiakan cara cuci tangan yang benar karena salah satu penyebab stunting adalah ganguan penyerapam gizi oleh cacing yang masuk melalui tangan yang kotor. 

Kepala Tim Penggerak PKK Desa Kedungrejo Nurul Yuliati, menjelaskan penyebab Stunting ada dua, yaitu asupan makanan tidak bergizi dan tingginya penyakit infeksi. Penyakit infeksi yang dimaksud adalah cacingan. Cacing menyerap nutrisi anak sehingga memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan fisik. Maka dari itu, kebersihan sanitasi lingkungan dan perilaku hidup bersih perlu dijaga, salah satunya melalui cuci tangan pakai sabun.

" Kami berinovasi untuk melakukan sosialisasi cara cuci tangan yang benar dengan membuat video pendek berdurasi 30 detik bagi seluruh masyarakat Desa Kedungrejo tiap keluarga, diharapkan nantinya masyarakat dapat paham dan mengerti cara cuci tangan yang benar," terang perempuan yang akrap disapa Yuli itu.Sabtu, (06/01/2024). 


Lebih lanjut  perempuan kelahiran Tulungagung tersebut menargetkan 90 persen warga Desa Kedungrejo mendapatkan sosialisasi cuci tangan itu.

 
" Mari kita sukseskan Desa Kedungrejo dengan inovasi cuci cacing ,cuci tangan cegah stunting ,no cacing no stunting, " ajak ibu dua orang anak itu. (ARI)