Musdes, Kedungrejo Bentuk BUMDes

  • Dec 14, 2023
  • Kedungrejo
  • PEMERINTAHAN

Desa Kedungrejo - Guna meningkatkan dan mensejahterakan perekonomian warga, Pemerintah Desa (Pemdes) Kedungrejo Kecamatan Kerek Kabupatan Tuban menggelar Musyawarah Desa (Musdes) pembentukan pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Kamis (14/12/2023). 

Kegiatan yang diikuti oleh sejumlah Tokoh Masyarakat (Tomas), Tokoh Pemuda (Toda), Tokoh Agama (Toga) BPD,LPMD, RT/RW, PKK, Perangkat Desa serta Pendamping Lokal Desa (PLD) dan Pendamping Desa (PD) serta dari Forkopimca Kerek. 

Kepala Desa Kedungrejo Sugiono, dalam sambutanya menyatakan bahwa pihaknya (Pemdes : Red) sudah merencanakan pembentukan BUMDes dari 3 tahun yang lalu namun karena kondisi saat itu terkendala pandemi Covid -19 sehingga rencana pembentukan BUMDes yang juga masuk dalam daftar Visi dan Misi Kepala desa itu kini baru dapat direalisasikan. 

" Kita berharap BUMDes yang nantinya bakal kita wujudkan dapat mengembangkan aset serta potensi desa yang ada, kita ketahui di desa kita ini sudah ada unit - unit usaha yang sudah berjalan seperti Hippam, Hippa, lumbung dan toko Saprotan (Sarana Produksi Pertanian) serta tidak menutup kemungkinan batik dan tenun Gedog kita masukan dalam target sasaran unit usaha baru, mengingat batik dan tenun gedog merupakan salahsatu potensi unggulan yang ada di desa kita ini, " terang Kades dua periode itu. 

Di tempat yang sama Camat Kerek melalui Parsup, SH. mengapresiasi langkah yang diambil Pemdes Kedungrejo ia berharap dengan terbentuknya BUMDes nanti muncul potensi-potensi desa yang dapat digali dan dikembangkan sehingga menjadi aset bagi desa setempat. 

"Banyak desa-desa yang berhasil mengembangkan potensinya melalui BUMDes, semoga ini menjadi pematik bagi desa - desa yang lain yang belum membentuk BUMDes untuk segera mengikuti apa yang dilakukan oleh desa ini, " pungkasnya. 

Diketahui dari 17 desa di Kecamatan Kerek baru 7 desa yang sudah terbentuk BUMdes, yaitu Desa Margiorejo, Desa Margomulyo, Desa Karanglo, Desa Hargoretno, Desa Sumberarum, Desa Tenggerwetan dan Desa Mliwang (Ari)