Posyandu Mawar Kedungrejo Berikan Pelayanan Maksimal Terhadap Warga

  • Dec 20, 2023
  • Kedungrejo
  • KESEHATAN

Posyandu Mawar Desa Kedungrejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban berupaya maksimal untuk memberikan pelayanan terhadap warga setempat. Rabu, (20/12)

Selain Posyandu Balita dan Posyandu Remaja, Posyandu Mawar juga memberikan fasilitas pelayanan terhadap Posyandu lansia yang merupakan suatu wadah untuk memberikan pelayanan kesehatan dan pembinaan kepada kelompok usia lanjut di wilayah setempat dengan melibatkan peran serta aktif masyarakat melalui kader kesehatan dan kerjasama lintas program dan lintas sektor dalam rangka untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat pada umumnya dan kususnya kelompok usia lanjut.

Posyandu Mawar sendiri merupakan Posyandu integrasi layanan primer atau Posyandu siklus hidup  yang bertujuan untuk menguatkan pelayanan kesehatan primer dengan mendorong peningkatan upaya promotif dan preventif. Integrasi ini diselenggarakan dengan mendekatkan pelayanan kesehatan melalui jejaring hingga ke tingkat desa/kelurahan, dengan sasaran seluruh siklus hidup sebagai platformnya, serta memperkuat pemantauan wilayah setempat (PWS) melalui pemantauan dengan dashboard situasi kesehatan per desa/kelurahan. Kondisi tersebut memperlihatkan peran penting kader posyandu sebagai garda terdepan dalam memberikan dasar kepada masyarakat di desa/kelurahan. 

Posyandu Mawar melaksanakan kegiatan pelayanan sekali dalam sebulan untuk semua jenis Posyandu (Balita, Remaja dan Lansia) dengan jadwal untuk Posyandu Lansia mulai pukul 08:00- 10.00 WIB, dilanjutkan Posyandu Balita mulai pukul 10.00-12.00 WIB dilanjutkan Posyandu Remaja pukul 16.00 - 19.00 WIB. 

Dari data yang berhasil dihimpun untuk jumlah peserta Posyandu Lansia saat ini sebanyak 45 peserta, Posyandu Balita 64 peserta dan Posyandu Remaja sebanyak 
20 peserta. Dengan rincian usia untuk Poayandu Pra Lansia usia  45- 59 tahun, Posyandu Lansia  60 keatas, Posyandu Balita1 bulan - 62 bulan,  Anak Pra Sekolah (Apras) 63 bulan -  72 bulan dan Posyandu Remaja dengan usia 10- 18 tahun. 

Wartini, salah satu Kader Posyandu menyatakan bahwa hingga kini pelayanan kegiatan Posyandu masih berjalan normal dengan antusias warga meskipun terkendala dengan antusias yang kurang dari anggota Posyandu Remaja.


" Untuk saat ini kegiatan Posyandu Remaja kita pusatkan di Musala - musala , mengaapa kita memilih di Musala kaerna kita mencari tmpat berkumpulnya anak-anak, dulu kami pernah mencoba membuat jadwal sendiri siang hari  di rumah Bidan, awal - awalnya kami bentuk ya, banyak yang datang setelah 3 kali pertemuan sudah tidak ada yang mau datang," terangnya. 


Berbeda dengan desa - desa lainya yang hanya memiliki 5 Kader Posyandu, Posyandu Mawar Desa Kedungrejo memiliki 10 Kader dengan alasan Posyandu Mawar memiliki 3 layanan Posyandu yaitu Balita, Remaja dan Lansia. (Ari)