RESMI, KADES KEDUNGREJO LANTIK KETUA RT DAN RW

  • Dec 23, 2023
  • Kedungrejo
  • PEMERINTAHAN

Desa Kedungrejo - Tujuh orang ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) Desa Kedungrejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban hasil pemilihan pada tanggal 23 November 2023 lalu resmi dilantik oleh Kepala Desa , Sabtu sore (23/12/23).

Hadir dalam pelantikan tersebut, perangkat desa Kedungrejo, ketua RT dan RW, Forkompika Kerek dan sejumlah tokoh masyarakat Desa Kedungrejo.Kepala Desa Kedungrejo Sugiono, dalam sambutanya menyatakan bahwa RW merupakan lembaga pemerintah yang terdiri dari beberapa kelompok RT di suatu Desa/ Kelurahan dan dipimpin oleh satu ketua RW. Sedang RT adalah Rukun Tetangga yang menghimpun beberapa Kepala Keluarga atau KK disetiap desa dan dipimpin oleh satu ketua.oleh sebab itu dengan dilantiknya ketua RT dan RW yang baru dapat memaksimalkan pelayanan masyarakat, dalam hal ini meningkatkan kinerja pemerinntah desa dalam menangani warga serta memaksimalkan peran serta masyarakat dengan gotong-royong maupun swadaya masyarakat dan kegiatan-kegiatan lainnya
" Diharapkan ketua RT/RW dapat menjadi saranan penghubung yang paling dekat antara masyarakat dan pemerintah secara langsung serta dapat memberikan informasi dan penjelasan kepada masyarakat mengenai progam kerja pemerintah, mendukung pelaksanaan progam pemerintah dengan mendorong masyarakat untuk andil atau berperan dalam melakukan progam kerja dengan mendukung dan berpartisipasi serta membina warga untuk meningkatkan taraf hidup atau kualitas dalam wilayah masing - masing," harap Kades .

Selain itu, Kades, juga menyampaikan bahwa wewenang RW dan RT adalah untuk menjaga keamanan lingkungan sekitarnya dan juga harus menjalankan hak, tugas dan fungsinya sebagai pengurus agar lingkungan secara keamanan dan kesejahteraan bisa tercapai.

Sementara itu Camat Kerek Nnang Wahyudi, yang turut hadir langsung dalm kegiatan tersebut mengapresiasi  Pemerintah Desa (Pemdes) Kedungrejo yang telah mewujudkan demokrasi nyata di wilayah terkecil yakni desa.

" Inilah bentuk demokrasi sesungguhnya, ada yang dipilih dan ada yang memilih dan yang dilantik hari ini adalah mereka -  mereka yang diberi tugas dan amanah oleh warga untuk memimpin di lingkup terkecil dalam pemerintahan desa, semoga demokrasi jujur, dan damai ini tetap kita junjung tinggi dan kita jadikan sebagai pemanasan menjelang pemilu 2024 untuk menciptakan suasana pemilu nanti dengan harmonis dan aman," tegas Camat.

Sekedar diketahui pemilihan ketua RT dan RW desa Kedungrejo teersebut berlangsung pada bulan November lalu dengan menggunakan sistem pemungutan suara langsung dengan hak pilih setiap satu KK diberikan hak satu suara, masing - masing KK atau yang mewakili memilih ketua RT.RW di wilayahnya.

Adapun yang diperebutkan dalam pemilihan tersebut adalah, dua ketua RW untuk Dusun Luwuk, dua ketua RT dan satu ketua RW untuk Dusun Puter dan satu ketua RT untuk Dusun Penemon. (ARI)

 
Berikut nama - nama ketua RT/RW yang terpilh dan telah di lantik.

  1. Ali Nur Rofit sebagai Ketua RW 01 Dusun Luwuk
  2. Wartini sebagai Ketua RW 02 Dusun Luwuk
  3. Wanda safira sebagai Ketua RT 05 Dusun Penemon
  4. Triyanto sebagai Ketua RT 01 Dusun Puter
  5. Suwarno sebagai Ketua RT 03 Dusun Puter
  6. Ahmad Zaenuri sebagai Ketua RW 01 Dusun Puter